Tips Semangat Belajar Selama Berpuasa

Selama bulan Ramadhan, otomatis jadwal dan aktivitas kita sedikit berubah. Di mulai dari jadwal sarapan pagi yang berubah menjadi makan sahur serta hilangnya asupan energi dari makan siang beralih ke berbuka saat maghrib tiba. Juga jadwal ibadah malam yang bertambah lebih panjang karena melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

Meskipun demikian, puasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk mengurangi aktivitas belajar kita. Bagaimanapun belajar merupakan hal penting yang tidak boleh ditinggalkan untuk memperoleh ilmu terutama bagi seorang pelajar. Apalagi selama bulan Ramadhan amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, jadi selain mendapat ilmu, belajar di bulan Ramadhan juga insyaallah membawa berkah.

Tidak dipungkiri kadang badan kita kurang begitu terbiasa beraktivitas berat saat menjalankan ibadah puasa, sehingga perasaan letih, lelah, malas dan kurang semangat belajar sering timbul. Nah, berikut adalah beberapa tips agar kita tetap semangat belajar selama berpuasa :

1. Laksanakan puasa dengan senang hati

Berpuasa akan terasa ringan saat kita melaksanakannya dengan senang hati. Jauhkan pikiran bahwa kita berpuasa semata-mata terpaksa karena memenuhi kewajiban saja. Jika kita berpuasa dengan senang hati, kita akan melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh tanpa diliputi rasa malas.

2. Biasakan makan sahur

Makan sahur wajib dilakukan karena dari sahur kita mendapatkan nutrisi dan energi untuk kegiatan seharian. Saat sahur, makanlah makanan yang bergizi tidak hanya sekedar mengenyangkan sehingga energi dan nutrisi kita terpenuhi secara optimal.

3. Usahakan tidur siang.

Jika mempunyai kesempatan untuk tidur siang, tidurlah beberapa saat. Tidur akan membantu kita mengurangi kepenatan serta menghindarkan rasa kantuk yang berlebihan sebagai akibat kegiatan ibadah kita yang lebih panjang pada malam hari serta membuat badan dan otak kita menjadi lebih segar.

4. Belajar sore hari sebelum berbuka puasa

Belajar sore hari sebelum berbuka puasa akan lebih baik daripada setelah berbuka puasa. Setelah berbuka puasa biasanya perut akan terasa sangat kenyang dan timbul rasa kantuk sehingga timbul rasa malas untuk belajar. Belajarlah setelah bangun dari tidur siang dan melaksanakan ibadah shalat Ashar, sekalian menunggu saat berbuka puasa.

5. Berbuka dengan tidak berlebihan

Berbukalah dengan makanan yang manis dan tidak berlebihan. Makan berlebihan saat berbuka akan membuat lambung kita bekerja lebih keras dan mungkin akan menimbulkan rasa sakit dan begah di perut yang akan menghambat aktivitas kita. Awali buka puasa dengan minum air madu atau kurma, lanjutkan dengan makan besar setelah shalat maghrib.

6. Hindari tidur setelah sahur

Jangan tidur setelah sahur karena tubuh memerlukan waktu untuk melakukan pencernaan makanan. Tidur kembali setelah sahur cenderung membuat kita menjadi malas dan ngantuk saat harus beraktivitas. Gunakan waktu setelah subuh untuk kembali belajar ringan sambil menunggu saat pagi tiba untuk kembali beraktivitas seperti biasa.

7. Minum air putih pada malam hari

Memperbanyak minum air putih pada malam hari akan membantu mengurangi dehidrasi saat siang hari serta melancarkan sirkulasi darah sehingga badan akan tetap sehat saat berpuasa. Jika badan sehat, maka aktivitas belajar kita juga tidak terganggu.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat belajar!

Posted in Tak Berkategori. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *